Wednesday, July 4, 2018

Cara Penanganannya Tuberkulosis Saat Hamil


Ibu hamil yang terinfeksi tuberkulosis kerap kali ragu untuk minum obat karena cemas pada keselamatan bayinya. Meski, tuberkulosis harus lantas ditangani supaya kondisinya tidak menjadi kian parah.

Tuberkulosis (TB) harus memperoleh penanganan yang ideal, karena apabila tidak, keadaan ini bisa menyebabkan keadaan yang lebih berat. Seandainya kamu sedang hamil dan mengalami TB, tentu saja bisa menimbulkan risiko bagi kehamilanmu. Oleh karena itu, ibu hamil dengan TB harus ekstra hati-hati.


Pengobatan Tuberkulosis pada Ibu Hamil

Kau tidak perlu cemas karena pada prinsipnya tuberkulosis yang terjadi pada ibu hamil tetap bisa teratasi, padahal mungkin penanganannya sedikit lebih kompleks apabila diperbandingkan dengan penderita TB yang tidak hamil. Pengobatan TB selama kehamilan umumnya tergolong aman, karena macam dan dosisnya sudah disesuaikan supaya tidak berbahaya bayi dalam kandungan dan kandungan.

Sebelum upaya pengobatan dikerjakan, dokter akan menjalankan serangkaian prosedur untuk mendiagnosis macam tuberkulosis yang dialami, di antaranya lewat pemeriksaan riwayat keluhan, pemeriksaan jasmaniah, dan pemeriksaan pendorong seperti foto Rontgen, percobaan sputum, dan pemeriksaan darah. Pengobatan tuberkulosis yang diberikan, akan disesuaikan dengan macam TB yang dialami oleh ibu hamil:

Pengobatan pada TB laten
Bisa saja kamu didiagnosa mengalami tuberkulosis saat hamil, padahal belum timbul gejala. Kondisi ini dikenal sebagai TB laten, dan pengobatannya akan diberikan dengan penuh pertimbangan. Lazimnya kamu akan dianjurkan untuk mulai minum obat setelah 2-3 bulan pascamelahirkan. Meski pada sebagian kasus, pengobatan bisa diberikan selagi hamil.

Pengobatan pada TB aktif
Meski pada ibu hamil yang mengalami gejala tuberkulosis, dan didiagnosis menderita TB aktif, akan lantas ditangani dengan pemberian obat TB kombinasi. Artinya ada sebagian macam obat yang digabungkan menjadi satu untuk dikonsumsi tiap-tiap hari, untuk melawan infeksi TB aktif saat hamil.
Dokter akan memberikan obat yang sudah disesuaikan, bagus macam ataupun dosisnya, demi menjaga keamanan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Menjalani pengobatan TB saat hamil secara disiplin, penting dikerjakan layak saran dokter. Lazimnya pengobatan TB bisa memakan waktu 6 sampai 9 bulan. Opsi pengobatan yang ideal bisa menuntaskan TB pada ibu hamil, sehingga infeksi ini tidak memberikan dampak yang buruk kepada bayi dalam kandungan.

Bahaya dan Dampak Seandainya Tidak Diobati
Selama kamu menjalani pengobatan secara teratur, besar kemungkinan infeksi tuberkulosis tidak akan memengaruhi bayi. Seandainya tidak lantas ditangani, karenanya infeksi TB saat hamil bisa menyebabkan:

1.       Meningkatkan risiko kelahiran prematur
2.       Berat badan bayi lahir rendah
3.       Infeksi TB menular pada bayi dalam kandungan
4.       Ibu bisa menularkan infeksi TB pada orang lain di sekitar

Perlu diingat bahwa pengobatan tuberkulosis perlu dijalani secara disiplin sampai selesai, layak dengan saran dokter. Karena apabila tidak, kamu akan meningkatkan risiko terjadinya kembali infeksi TB dengan keadaan bakteri yang sudah kebal (resisten) kepada pengobatan yang ada. Yang juga dikhawatirkan, keluarga dan kerabat dekatmu bisa tertular TB, termasuk Si Kecil yang baru lahir.

Seandainya kamu tidak menjalankan pengobatan dan diungkapkan positif tuberkulosis setelah melahirkan, kemungkinan kamu harus dipisahkan dengan bayi untuk mencegah penularan. Seandainya setelah lahir, bayi kamu didiagnosis tertular TB, dokter akan menjalankan pemeriksaan dan memberikan saran pengobatan kurang lebih selama 6 bulan. Setelah bayi lahir, ibu yang menjalani pengobatan TB tetap diperkenankan untuk menyusui bayinya. Karena, pengobatan TB yang kamu konsumsi umumnya tidak memberi dampak buruk bagi bayi yang disusui.

Seandainya kamu mengalami gejala tuberkulosis saat hamil, lantas periksa ke dokter supaya bisa pesat ditangani. Penanganan yang pesat dan ideal bisa mempercepat penyembuhan dan meminimalkan potensi penularan TB kepada bayi.

No comments:

Post a Comment

Beli Mobil Bekas Tanpa Perantara, Ini Dia Caranya

Sebagai sebuah kendaraan yang penting untuk dipakai berbagai kebutuhan dari bisnis sampai kepentingan pribadi, kendaraan beroda empat di...