Thursday, July 12, 2018

Tips Agar Mata Tetap Melek Setelah Begadang Semalaman


Profesi yang menumpuk atau ada perlombaan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda mesti begadang. Walaupun, di pagi harinya Anda mesti menjalani kesibukan seperti umum. Hening, Anda masih dapat menjalani berbagai kesibukan dengan tubuh fit padahal tak mendapatkan waktu tidur cukup pada malam harinya. Supaya tubuh dapat berfungsi dengan baik, orang dewasa dianjurkan untuk tidur malam selama delapan jam dan anak-anak sekitar 9-10 jam. Keperluan tidur ini berbeda-beda pada masing-masing individu tergantung pada usia, kesibukan, dan kondisi medis yang dimiliki. Ketika begadang, otomatis jam tidur Anda berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak.


Di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang oleh rasa kantuk. Tidak cuma itu, tenaga konsentrasi Anda malah dapat menurun sebab otak dan tubuh tak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Berdasarkan sebagian penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk. Seandainya Anda tak punya opsi lain kecuali begadang, melainkan konsisten mau fit pada pagi hari hingga kesibukan harian usai, coba ikuti kiat di bawah ini:

Konsumsi kafein
Mengonsumsi minuman mengandung kafein pada saat begadang, seperti kopi atau minuman berenergi, dapat membikin tubuh menjadi lebih fit. Minuman ini dapat membikin Anda terjaga selama 3-4 jam. Supaya tubuh konsisten siaga sepanjang hari, Anda dapat mengonsumsinya tiap-tiap sebagian jam. Tetapi, sesuaikan dengan dosis harian yang dapat diterima oleh tubuh Anda. Batas asupan kafein yang dianggap wajar adalah sekitar 100-200 mg tiap-tiap harinya, atau seimbang 1 hingga 2 cangkir kopi per hari.

Sisihkan waktu untuk tidur siang
Sesudah mengkonsumsi kafein, dianjurkan untuk meringkuk dan memejamkan mata sejenak. Anda dapat tidur siang pada jam istirahat selama 10-30 menit. Sesudah itu Anda akan terbangun dengan tubuh yang segar, padahal Anda begadang pada malam sebelumnya. Seandainya Anda menyisihkan waktu sekitar 40 menit untuk tidur siang, Anda mungkin terbangun dengan kondisi kepala yang pening. Tetapi, setelah rasa pening itu hilang, manfaat tidur siang dapat Anda rasakan pada saat begadang.

Jangan membisu
Ketika begadang di kantor, Anda dapat menjalankan olahraga ringan seperti jalan pesat, naik turun-tangga, lari di tempat, atau senam ringan yang dapat membikin tubuh Anda bergerak. Kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja otak. Terlibat dalam sebuah percakapan juga dapat membikin Anda konsisten terjaga.

Terangi ruangan Anda
Ketika lelah, orang mungkin lebih memilih memadamkan lampu agar dapat beristirahat dengan lelap. Untuk menghindari efek mau tidur setelah begadang, dianjurkan untuk selalu berada di ruangan yang terang. Anda juga dapat berjemur sejenak di bawah sinar matahari agar konsisten terjaga.

Mandi air dingin
Udara hangat membikin lebih nyaman untuk tidur, sehingga dapat berisiko menyebabkan kantuk. Untuk menghalaunya, sisihkan waktu untuk mandi air dingin atau mencuci muka dengan air dingin untuk mengusir kantuk untuk dapat begadang. Temperatur dingin dapat menstimulasi kesibukan syaraf di tubuh Anda, sehingga rasa kantuk dapat berkurangKetika seluruh kesibukan harian Anda usai, seketika gunakan waktu untuk tidur. Seandainya keesokannya hari libur, Anda dapat mematikan alarm lalu tidur hingga Anda terbangun secara natural. Hal ini dapat mengembalikan kondisi tubuh Anda seperti sedia kala.

Walaupun seperti itu, dianjurkan untuk tak kerap begadang, sebab itu mengganggu siklus kerja alamiah tubuh. Tubuh kita diprogram untuk terjaga pada siang hari dan terlelap pada malam hari. Ketika malam hari tak dipakai untuk beristirahat, apalagi bila terjadi dalam jangka waktu panjang, tubuh dapat menikmati dampak negatif dari kurang tidur.

Efek negatif yang dapat dirasakan dampak keseringan begadang antara lain sistem kekebalan tubuh melemah, penuaan dini pada kulit, kelebihan berat badan, depresi, problem kesuburan, dan lebih rentan terkena diabetes, penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta stroke. Jadi, bila lain kali mau melek hingga subuh, ingat selalu petuah yang melarang begadang bila tak ada perlunya.

No comments:

Post a Comment

Beli Mobil Bekas Tanpa Perantara, Ini Dia Caranya

Sebagai sebuah kendaraan yang penting untuk dipakai berbagai kebutuhan dari bisnis sampai kepentingan pribadi, kendaraan beroda empat di...